16 Jul 2017

Asus ZenBook UX410UQ Laptop Pilihan Creator

Kira-kira sejak dua tahun terakhir video seperti vlogging ngetren di YouTube. Membagikan konten menarik lewat video dan diunggah di situs YouTube tentu seru dan dapat dengan mudah dinikmati banyak orang. Sampai tulisan ini gue buat, terus muncul channel baru yang membagikan karya mereka. Iya, semua konten video yang ada di YouTube benar-benar bebas, tergantung temen-temen menilai sebuah konten itu positif atau sebaliknya.
Creator
Anyway di tengah-tengah ngetrennya YouTube sekarang ini, pernah nggak kepikiran ikutan bikin video? Karena sering menonton video YouTube, sebagian orang mungkin terinspirasi untuk ikut membuat karya. Karya itu luas, bukan hanya bentuk video. Banyak. Supaya topik yang gue bahas bersifat umum, creator yang gue ulas bukan hanya youtuber. Tetapi semua creator yang pasti mempunyai suatu lingkup kebutuhan yang sama.

Creator itu kreatif
Semua creator pasti dituntut kreatif. Bayangin seorang penulis yang harus pandai menyusun tulisan yang menarik. Youtuber yang harus telaten membuat konsep hingga mengemas ide kedalam bentuk video. Animator menciptakan karakter animasi yang lucu. Web developer mengembangkan website yang menarik. Semuanya butuh kreatifitas. Lah wong mahasiswa aja juga harus kreatif bikin alesan kalo ketahuan titip absen. Eh.

Device yang mendukung
Semua ide dan konsep yang telah dipikirkan akan lebih mudah diwujudkan dengan perlengkapan yang mendukung. Semua creator terutama yang bertumpu pada media digital membutuhkan laptop yang optimal. Seorang youtuber pasti membutuhkan laptop untuk mengolah dan editing video. So yeah, gue bukan seorang editor video maupun videografer, tapi gue ngerti kalo mengedit video membutuhkan laptop yang layak. Gue pernah iseng ngedit video, ada saat dimana kesabaran gue diuji. Yas, rendering. Bayangin waktu yang digunakan untuk menunggu proses rendering yang lama seharusnya bisa digunakan untuk proses upload maupun melakukan aktivitas yang lebih produktif lainnya. Kalo ini keluhan temen-temen, mungkin ada baiknya mencarikan laptop baru untuk melakukan pekerjaan tersebut. Asus ZenBook UX410UQ bisa dijadikan referensi. Asus tanggap dengan kebutuhan para creator. Mereka seolah menyediakan laptop yang dapat menunjang kebutuhan creator. Desain dan performa menjadi poin yang paling penting. Bobotnya cuman 1.4 kilogram dengan ketebalan 18.95 milimeter. Ringan plus tipis, bisa ditenteng kemana-mana pake satu tangan.

Asus ZenBook UX410UQ Laptop Pilihan Creator


ZenBook UX410UQ menggunakan Windows 10 dan prosesor Intel core i7 generasi ke tujuh alias Kabylake. Kelebihan prosesor Intel Kabylake adalah peningkatan performa 12% dan kecepatan di website hingga 19% dari generasi sebelumnya (Skylake). Untuk membuat konten dengan kualitas visual hingga 4K juga dapat dilakukan karena prosesor memiliki tenaga yang besar.

Karena musuh yang paling menyebalkan selama editing adalah momen rendering, maka kartu grafis dan RAM harus diperhatikan. ZenBook UX410UQ menggunakan Nvidia GeForce 940MX (2GB) dengan dukungan RAM 8GB DDR4 2133 MHz. Dengan kombinasi sistem operasi dan perangkat keras seperti ini maka proses editing akan terasa lebih halus dan rendering semakin cepat.
Prosesor Intel core i7, VGA Nvidia GeForce 940MX dan Windows 10
Kapasitas penyimpanan ZenBook UX410UQ ekstra besar dengan harddisk 1TB dikombinasikan dengan solid-state disc (SSD) sebesar 128GB. Sangat diperlukan untuk menyimpan project atau data-data penting lainnya. Sistem operasi juga akan semakin optimal bila ditempatkan pada SSD. Sangat memenuhi kebutuhan creator dalam sektor penyimpanan.

Meskipun bodinya tipis, ZenBook UX410UQ tidak mengorbankan bagian konektifitas. Untuk melakukan transfer data dapat memanfaatkan port yang telah disediakan, yaitu USB Type-C dengan transfer speed 10 kali lebih cepat dibanding koneksi USB 2.0. Disediakan juga port USB 3.0, HDMI dan slot SD Card. Lebih praktis dan mudah untuk menyambungkan berbagai perangkat. Terutama yang anti ribet haha.

Uniknya untuk ukuran laptop yang tidak lebih besar dari 13-inci dapat ditanamkan bentang layar seluas 14-inci dengan bezel tipis, 6mm doang. Display layar juga lebih jernih dengan resolusi kerapatan pixel 276 per inci. Very helpful untuk orang-orang multimedia mengerjakan objek yang detail. Papan keyboard juga didesain lembut dan nyaman ditekan. Touchpadnya pun telah mendukung sensor sidik jari untuk login yang cepat dan mudah. Menurut gue poin ini menarik dan menjadikan ZenBook ini semakin elegan.
Bentang lebih luas dengan bezel tipis

Papan keyboard elegan dan nyaman
Fitur Menarik ZenBook UX410UQ
1.Berjalan di sistem operasi Windows 10
Tentu saja hal ini akan membantu para creator karena sangat banyak aplikasi yang support berjalan pada Windows 10. Hampir seluruh aplikasi tersedia untuk versi Windows seperti produk Adobe atau aplikasi development populer lainnya. Terlebih fitur andalan Windows 10 yang diberikan Microsoft.
Support banyak aplikasi

2.Pengolahan warna lebih banyak dan lebih baik
Simpelnya ZenBook UX410UQ dapat menampilkan lebih banyak warna yang lebih akurat dan hidup dibanding tampilan standart.

3.Eye care
Terlalu lama menatap monitor juga harus peduli dengan kesehatan mata. Asus memberikan fitur menarik yang memungkinkan penggunanya mengatur beberapa mode sesuai kondisi. Tersedia empat pengaturan warna yaitu, 1) mode normal dengan pengaturan warna default, 2) mode eye care untuk mengurangi tingkat cahaya biru supaya pengelihatan tetap nyaman, 3) mode vivid untuk memberikan warna gambar yang tampil hidup dan nyata, 4) mode manual yang dapat dengan mudah diatur sesuai kebutuhan.
Beberapa mode fitur eye care


Terus apa alasan para creator memilih ZenBook UX410UQ?
Mobilitas
Semua orang nggak mau ribet. Dengan lebih praktis tentu lebih produktif. Karena bobot yang tipis dan ringan akan lebih mudah dibawa bepergian. Terutama saat travelling yang membutuhkan laptop untuk menyalin foto dari memori kamera. ZenBook UX410UQ muat disimpan pada ransel kecil.

Performa yang mumpuni
Selain untuk mengerjakan project, bermain game di laptop ini juga mantap. Jadi ketika jenuh tinggal main game atau bersantai dengan musik karena ZenBook telah menggunakan ASUS Sonic Master yang didesain untuk menghasilkan suara yang luar biasa.

Suara luar biasa dengan ASUS Sonic Master


Gue rangkum sedikit sisi kebutuhan berdasarkan beberapa macam creator, temen-temen bisa menambahkan di kolom komentar ya:

1.Youtuber atau Videografer
  • Performa yang smooth selama proses editing
  • Prosesor dan kartu grafis yang baik
  • RAM luas
  • Kapasitas penyimpanan besar
  • Praktis
2.Content writer atau Blogger
  • Praktis dibawa kemana pun pergi (karena inspirasi bisa datang kapan saja)
  • Papan keyboard nyaman ditekan
  • Daya tahan baterai lama
3.Animator
  • Prosesor kencang
  • Kartu grafis yang baik
  • RAM luas
  • Kapasitas penyimpanan besar
  • Praktis
4.Desainer grafis
  • Performa yang mendukung aktivitas desain
  • Prosesor dan kartu grafis yang baik
  • RAM luas
  • Kapasitas penyimpanan besar
  • Praktis dibawa kemana pun pergi.
5.Website Developer
  • Stabil
  • Multitasking
  • Papan keyboard nyaman ditekan
  • Daya tahan baterai lama
  • Simpel dan praktis

Karena lengkapnya spesifikasi dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan para creator, gue setuju kalau Asus ZenBook UX410UQ adalah laptop seorang creator. Nah, semoga postingan ini informatif dan bisa membantu (calon) creator dan temen-temen mencari laptop yang benar-benar tepat dengan kebutuhan. Semangat berkarya!

Sumber gambar:
https://www.asus.com/id
http://www.designability.org.uk

1 komentar: